Stres Berat Bisa Sebabkan Hilang Ingatan

Infopalapa – Stres Berat Bisa Sebabkan Hilang Ingatan. Istilah amnesia bukan hal yang asing lagi ditelinga kita. BandarQ

Amnesia atau hilang ingatan ini biasanya disebabkan oleh cedera otak, penyakit atau obat-obatan tertentu. Stres atau tekanan bisa menyebabkan amnesia. Domino99

BACA JUGA : Sajikan Kopi Racikan Barista Penyandang Tunanetra

Stres Berat Bisa Sebabkan Hilang Ingatan

Amnesia psikogenik terjadi ketika fungsi memori tidak berjalan semestinya tanpa adanya kerusakan otak struktural atau penyebab neuroniologis.

Amnesia ini termasuk dalam golongan penyakit mental yang melibatkan gangguan pada ingatan, kesadaran, identitas, dan/atau persepsi.

Pada amnesia disosiatif, ingatan masih ada, tapi tersimpan sangat dalam di pikiran seseorang dan tidak dapat diingat. Namun memori tersebut dapat muncuk dengan sendirinya.

Jenis amnesia ini jarang terjadi, hanya mempengaruhi sekitar satu persen pria dan 2,6 persen wanita dalam populasi umum.

Penyebab

Amnesia psikogenik disebabkan oleh stres luar biasa, yang mungkin disebabkan oleh peristiwa traumatis seperti perang, pelecehan, kecelakaan, atau bencana.

Gejala

Ada tiga tipe amnesia psikogenik berdasarkan gejalanya. Melansir laman Cleveland clinic, berikut tipe dan gejala yang kerap dialami penderita amnesia psikogenik:

Pada jenis amnesia ini, penderita tidak dapat mengingat apapun yang terjadi dalam periode tertentu, seperti masa kanak-kanak, sekolah, atau apa pun tentang teman dan rekan kerja.

ingatan yang hilang berhubungan dengan trauma tertentu. Misalnya, seorang korban kejahatan mungkin tidak memiliki ingatan dirampok dengan todongan senjata dapat mengingat detail.

Generalized amnesia

Pasien kehilangan memori bagian utama kehidupan dan atau identitas seseorang. Misalnya saja, seorang wanita muda yang tidak dapat mengenali nama, pekerjaan, keluarga, dan teman-temannya.

Fugue Amnesia

Pasien mengalami hilang ingatan secara total dan mengadopsi indentitas baru. Misalnya, seorang karyawan yang tidak pulang kerja dan dilaporkan hilang oleh keluarganya.

Dia ditemukan seminggu kemudian di lokasi yang jauh dan hidup dengan nama yang berbeda, bekerja sebagai juru masak pesanan pendek.

Ketika ditemukan oleh polisi, dia tidak bisa mengenali anggota keluarga, teman, atau rekan kerja, dan dia tidak bisa mengatakan siapa dirinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *