Sonsong 2020 Luncurkan 3 Rekomendasi Untuk Kesehatan

Sonsong 2020 Luncurkan 3 Rekomendasi Untuk Kesehatan

Infopalapa – Menyongsong 2020, masih banyak permasalahan kesehatan di Indonesia. Mulai dari angka stunting yang tinggi, kasus tuberkulosis terbanyak ketiga di dunia, hingga defisit Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan BPJS Kesehatan. Bandarq

Terkait permasalahan kesehatan yang ada, Center for Indonesia’s Strategic Development Initiatives (CISDI) merekomendasikan tiga kebijakan nasional kesehatan di 2020. Pertama, perbaikan sistem kesehatan secara menyeluruh. Domino99

Baca Juga : 4 Tips Menjaga Mata dari Gangguan Penglihatan

Sonsong 2020 Luncurkan 3

Kita harus melihat kesehatan sebagai sebuah kesisteman, tidak terkotak-kotak. Sehingga ketika menyelesaikan sebuah masalah kesehatan itu sebagai suatu sistem,” kata Ketua Dewan Pembina CISDI, Dian Saminarsih dalam CISDI Health Outlook 2020 di Jakarta Pusat, Selasa (17/12/2019).

Kedua, penguatan pelayanan kesehatan primer seperti puskesmas. Menurut CISDI perlu reformasi kesehatan dengan pelayanan kesehatan primer sebagai titik utama perubahan.

“Saya berharap puskesmas bagi mereka yang kelahiran 90-an, 2000-an berbeda dengan saya yang lahir 1970-an. Puskesmas yang sekarang harus diisi oleh kepempimpinan yang terbuka, pengobatan yang berkualitas, obat yang baik,” kata Diah.

Pemerintah Tak Bisa Sendiri, Harus Berkolaborasi

Rekomendasi ketiga yang disampaikan Diah perlunya kerja sama tak hanya pemerintah tapi juga swasta bersama masyarakat.

“Tantangan kesehatan tidak dapat selesai jika pemerintah bergerak sendiri. Pemerintah harus terbuka dengan pendekatan-pendekatan baru dan keterlibatan orang lain,” katanya.

Lewat kolaborasi yang ada, pemerintah dapat memetakan permasalahan lalu dikerjakan secara kolektif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *