Komentar Dokter Soal Info Viral Bayi Pemakan Usus Ibu

infopalapa – Komentar Dokter Soal Info Viral Bayi Pemakan Usus Ibu. Sebuah foto viral dimedia sosial menyebutkan ada bayi pemakan usus ibunya. Informasi juga menyatakan bayi terlahir dalam usia 11 bulan dengan berat 8 kilogram. BandarQ

Hasil pencarian alat verifikasi video dan gambar invid menemukan gambar yang sama diunggah oleh portal berita. Disebutkan bayi tersebut lahir didaerah Bahraich, India, dengan kondisi yang sering disebut collodion babies. Domino99

BACA JUGA : Sederet Manfaat Bawang Merah yang Mungkin Kamu Belum Tahu

Komentar Dokter Soal Info Viral

Collodion babies adalah kondisi kelainan genetik langka ditandai dengan ciri khas adanya selaput seperti kertas perkamen yang menutupi seluruh tubuh.

Menanggapi kabar bayi pemakan usus ibu, dokter ahli kandungan De Andon Hestiantoro, SpOG(K), MPH menyatakan informasi tersebut tidak benar. Masyarakat jangan sampai mempercayayi kabar itu.

Ini berita hoaks. Jangan dipercaya, ata dr Andon dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia-Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (FKUI-RSCM), Berikut 3 hal yang menjadi sorotannya :

1. Janin makan usus ibu

Janin memperoleh makanan dalam bentuk mikro yang ditransfer dari ibu melalui plasenta dan tali pusat. Hal ini penting untuk mengatur pertumbuhan janin secara bertahap dari kecil hingga besar sesuai pengaturan alam karena mulutnya belum berkembang sempurna.

” Janin makan usus ibu menggunakan mulut ? Hal ini tidak mungkin, Kata dokter Andon.

2. Kemampuan ibu membawa janin

Dalam pesan yang beredar dikatakan bayi yang lahir ternyata memiliki bobot hingga 8 kilogram. Menurut dr Andon, hal ini tidak mungkin karena normalnya seorang ibu akan seudah kesulitan bergerak dengan janin seberat 5 kilogram.

” Ibu hamil ini mampu membawa janin didalam rahim seberat 8 kilogram? Membawa janin seberat 5 kilogram saja telah membuat ibu kesulitan bergerak.

3.  Penampakan janin

Bayi baru lahir seberat 4,5 kilogram akan terlihat sangat gemuk dan bulat. sedangkan bayi dalam informasi viral tersebut memiliki bobot hingga 8 kilogram.

“Dalam kasus ini, bayi dengan berat lahir 8 kilogram namun terlihat langsing banget. Kesimpulannya, berita ini hoaks dan tidak dapat dipercaya sedikitpun, kata dr Andon.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *