7 Hal Kena Diabetes di Usia Muda

Infopalapa – 7 Hal Kena Diabetes di Usia Muda. Diabetes adalah salah satu penyakit tak menular. Penyakit ini dulu akrab di usia 40 tahun ke atas. BandarQ

Namun seiring berjalan nya waktu, usia pengidap diabetes merambah di 20an tahun. Kasus diabetes di usia 18 tahun menunjukan peningkatan. Domino99.

BACA JUGA : Suami Selingkuh dengan Sahabat yang Dianggap Adik

7 Hal Kena Diabetes di Usia Muda

Pertanyaanya mengapa diabetes bisa terjadi di usia muda ?

Gangguan Fungsi Pankreas

Pankreas berperan penting dalam mengatur sekresi insulin ke aliran darah. Saat kinerja pankreas terganggu, maka sekresi insulin pun terganggu

Padahal insulin berfungsi untuk mengatur kadar gula dalam darah. Selain itu insulin diperlukan untuk memecah makanan dan mengubahnya menjadi energi.

Riwayat Keluarga

Riwayat keluarga turut memperbesar peluang orang dewasa  muda terkena diabetes. Namun bukan berarti jika ada anggota keluarga yang memilki diabetes.

Namun bukan berarti ad anggota keluarga yang memiliki diabetes, anda pasti terkena diabetes. Mengatur pola makan dan haya hidup sehat dapat menjauhkan dari resiko diabetes.

Kelebihan Lemak Perut

Obesitas sentral atau penumpukan lemak di perut membuat orang di usia muda rentan terkena diabetes. Makin besar ukuran pinggang, besaran lemak viseral makin besar.

Lemak ini dinilai berbahaya bisa memicu gangguan hormon sehingga fungsi tubuh terganggu. Pria tergolong obesitas saat lingkar pinggang berukuran 90 sentimeter.

Pola Makan Kacau

Usia muda ada kecendrungan makan asal termasuk asal kenyang. Prinsip ini pun membuat orang cenderung makan-makanan tidak sehat seperti junk food.

Konsumsi Alkohol

Selain kebiasaan pola makan tidak sehat, diabetes usia muda juga bisa disebabkan konsumsi alkohol berlebih. Alkohol berlebih bisa mengganggu aktivitas metabolisme.

Di samping itu, sebaiknya pikir-pikir lagi sebelum merokok. Rokok tak hanya punya urusan dengan gangguan pernapasan, tetapi juga diabetes.

Begadang

Demi membersihkan pekerjaan, orang usia muda sering rela bergadang dan mengorbankan waktu istirahat. Merasa tubuhnya masih kuat, begadang malah jadi kebiasaan.

Akibatnya, ritme jam biologis tubuh terganggu dan menimbulkan perubahan hormon tubuh termasuk insulin.

Mager

Kemudahan teknologi punya sisi buruk salah satunya usia muda jadi malas bergerak alias mager. Gaya hidup sedenter seperti ini bisa memperlambat metabolisme tubuh.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *