5 Bahaya Kaporit bagi Kesehatan Tubuh

Infopalapa – 5 Bahaya Kaporit bagi Kesehatan Tubuh. Bahaya kaporit pada kolam renang dapat masuk ketubuh dengan berbagai cara. BandarQ

Dalam bentuk gas klorin yang masuk melalui pernapasan, kontak langsung air kolam renang berkaporit dengan kulit atau mata, serta secara tidak sengaja tertelan. Domino99

BACA JUGA : Australia Kebakaran yang Musnahkan Habitat Satwa

5 Bahaya Kaporit bagi Kesehatan Tubuh

Kaporit sendiri merupakan jenis desinfektan yang berbentuk bubuk putih yang akan terpecah di dalam air kolam menghasilkan oksigen dan gas klorin yang berbau menyengat.

Fungsinya untuk membunuh bakteri patogen yang tersebar pada air kolam renang, dan juga untuk menjernihkan air kolam renang. Jika penggunaanya tidak tepat bisa berbahaya.

Bahaya kaporit pada air kolam renang bagi kesehatan tubuh perlu diperhatikan. Penggunaan kaporit pada kolam renang harus disesuaikan dengan kosentrasi.

Bahaya kaporit yang pertama adalah menyebabkan iritasi mata. Ketika bereaksi dengan zat-zat organik seperti urin dan keringat pada perenang.

Senyawa nitrogen trilorida dapat menyebabkan iritasi pada mebran mucus (lendir), sehingga memicu iritasi mata. lama kelamaaan mata akan mengalami gangguan penglihatan.

Bahaya selanjutnya adalah menimbulkan berbagai masalah sistem pencernaan. Saat tertelan, kaporit dapat menyebabkan berbagai gangguan pada sistem pencernaan.

Gangguan paling umum saat menelan air kolam renang adalah rasa terbakar di tenggorokan. Jika jumlah kaporit yang tertelan cukup banyak, maka bisa merusak jaringan dalam tubuh.

Jika kosentrasi kaporit yang terkandung dalam air kolam renang melebihi batas aman, dapat menyebabkan kerusakan pada mulut, esophagus, esophagus dan lambung.

Bahaya kaporit juga dapat menyebabkan iritasi kulit dan rasa terbakar pada kulit. Kontak dengan air kolam renang yang mengandung klorin berlebih menimbulkan ruam merah.

Klorin yang bereaksi dengan materi organik akan mengahasilkan zat-zat yang merusak kulit. Anak- anak jauh lebih rentan mengalami efek buruk akibat toksin dari kaporit.

Bahaya kaporit dalam kolam renang dapat menybabkan beberapa penyakit pada paru-paru seperti bronkitis dan exercise-induced bronchoconstriction ( EIB ).

Penyakit asma yang dialami seseorang setelah berenang seringkali disebut dengan istilah swimmer asthma. Tidak jarang dengan penyakit asma sering kambuhan ketika berenang.

Bahaya selanjutnya dapat merusak dan membuat warna gigi berubah. Reaksi kaporit dengan air kolam renang menghasilkan PH air kolam renang yang tinggi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *